Tempat Wisata Solo

Umbul Pengging, Boyolali

Umbul Pengging terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini merupakan kompleks pemandian peninggalan Kraton Kasunanan Surakarta. Pengging adalah nama kuno untuk suatu wilayah yang sekarang terletak di antara Selo dan Yogya. Wilayah ini sekarang kira-kira mencakup wilayah Boyolali, Klaten, serta mungkin Salatiga. Pusat daerah Pengging diperkirakan terletak di Banyudono, Boyolali.

Sinuwun Pakubuwono X adalah pemrakarsa pembangunan kolam Tirto Marto, salah satu peninggalan sejarah yang terdapat di daerah Pengging. Kolam tersebut pada awalnya difungsikan sebagai tempat bersantai raja dan keluarganya. Warga sekitar pun tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas ini. Namun, seiring berjal ...

Umbul Cokro Tulung, Klaten

Mata air Cokro terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Hawa sejuk, mata air jernih, dan pemandangan indah sungai, menjadi faktor penarik utama orang-orang berkunjung ke tempat ini.

Saat memasuki pintu gerbang, Anda akan menemukan sebuah jembatan gantung cukup panjang yang berada di atas sungai besar. Jembatan itu panjangnya 25 meter dengan ketinggian 10 meter di atas sungai bernama Kali Busur itu.

Setelah selesai menyeberangi jembatan, Anda akan sampai ke wisata Umbul Cokro. Anda akan disambut oleh sebuah kolam panjang yang berisikan air jernih mengalir. Mata air yang keluar dari tanah menjadikan air ...

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan adalah spot wisata kesehatan yang dimiliki oleh Kabupaten Sragen. Sumber air panas alam yang keluar dari dalam bumi tersebut terdapat di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Terletak dua meter di atas sungai yang berada di sebelahnya, Pemerintah Kabupaten Sragen menjadikan tempat ini sebagai wisata kesehatan dan alam atau sering disebut ekowisata.

Menurut masyarakat setempat, air panas Bayanan mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan cara berendam di kolam tersebut adalah rematik dan gatal-gatal. Selain itu, sumber air ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, ...

Waduk Kedung Ombo – Wisata ke Tiga Kabupaten Sekaligus

Waduk Kedung Ombo adalah waduk yang berada di area Kabupaten Boyolali, Grobogan, dan Sragen. Bendungan raksasa seluas 6.576 hektar itu membendung lima sungai. Waduk itu terdiri dari wilayah perairan seluas 2.830 hektar dan 3.746 hektar lahan yang tak tergenang air.

Waduk Kedung Ombo dibangun selama 11 tahun. Diawali dari tahun 1980, waduk ini selesai dibangun tahun 1991. Waduk ini memiliki bentuk agak memanjang. Dahulu, waduk ini hanya dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan irigasi. Namun, mulai tahun 2006, lokasi ini mulai diberdayakan secara swadaya oleh tiga kabupaten tersebut sebagai spot wisata kuliner dengan kuliner andalan ikan bakar.

Bagian waduk yang diberdayakan untuk tempat wisata adalah bagian sebelah utara. Jala ...

Agrowisata Sondokoro, Karanganyar

Sondokoro merupakan tempat wisata yang berlokasi di area pabrik gula Tasikmadu, Karanganyar. Jika masa liburan tiba, tempat ini sangat dipenuhi oleh anak-anak serta keluarga yang menikmati fasilitas taman bermain dan kolam renang khusus anak-anak.

Taman bermain di Sondokoro sangat luas. Anak-anak bisa puas bermain sementara orang tua bersantai mengawasi putra-putri mereka di pepohonan yang asri dan rindang. Di sini, terdapat pula taman edukatif yang berisi instruksi-instruksi rambu-rambu lalu lintas.

Peninggalan sejarah berupa mesin-mesin tua dari pabrik tebu sengaja ditaruh di area taman Sondokoro. Anda dapat menyaksikan secara langsung besi-besi tua dari mesin penggiling tebu itu. Anda bisa menyaksikan lokomotif tebu pula.

...

Situs Purbakala, Monumen Perjanjian Giyanti, Karanganyar

Monumen Perjanjian Giyanti terletak di desa Janti, kelurahan Jantiharjo, Kecamatan Karanganyar Kota. Nama Giyanti diambil dari lokasi penandatanganan perjanjian ini. Desa Giyanti terletak di tenggara kota Karanganyar, Jawa Tengah. Sekarang, tempat tersebut berlokasi di Dukuh Kerten.

Perjanjian Giyanti berisi pembagian wilayah Kerajaan Mataram Islam menjadi dua; Surakarta dengan pemerintahan Kasunanan dan Yogyakarta dengan pemerintahan Kasultanan. Prasasti ini dibuat pada zaman pemeritnahan Pakubuwono III atau sekitar tahun 1755. Masyarakat Indonesia mengingat sejarah ini secara kolektif dan mengingat kelicikan Belanda menggunakan politik pecah belah (devide et impera) untuk menundukkan para penguasa Jawa melalui politik.

Perjanji ...

Air Terjun Jumog, Karanganyar – Wisata ke “Surga yang Hilang”

Air Terjun Jumog terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Objek wisata ini terletak di Lereng Lawu, kurang lebih 200m di sebelah barat Candi Sukuh. Air terjun berketinggian kurang lebih 30m ini masih terlihat sederhana namun justru di situlah letak naturalitas tempat wisata ini. Di kedua sisinya, air terjun Jumog didampingi oleh tiga air terjun lainnya yang bernama Klueng, Kusumajati, dan Jubleg.

Lokasi wisata Jumog baru dibuka untuk umum pada tahun 2004, cukup muda untuk umur sebuah destinasi wisata. Akses ke tempat itu sendiri baru dibangun pada tanggal 7 Agustus 2004 oleh warga Desa Berjo. Mereka menebas semak belukar demi menunjukkan keelokan panorama di sekitarnya. Menurut penuturan orang-orang yang pernah meng ...

Umbul Ponggok, Polanharjo – Melihat Pemandangan Alam dari Sisi Lain

Umbul Ponggok di Polanharjo merupakan salah satu lokasi wisata di Desa Wisata Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul, sumber mata air, Ponggok merupakan umbul terbesar dari lima umbul di desa yang sama. Mata air terbesar di wilayahnya ini memiliki luas kolam pemandian sekitar 6000m2 dan kedalaman kurang lebih 1,5m di bagian pinggir dan mencapai 3m di bagian tengah. Di sekitarnya dikelilingi serambi untuk tempat duduk. Kolam ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, kola mini dimanfaatkan untuk pengairan perkebunan tebu.

Di masa sekarang, Umbul Ponggok dikembangkan menjadi objek pemandian umum. Mata air di dasar kolam ini senantiasa menyediakan air mengalir yang jernih. Kondisi umbul tersebut relatif bersi ...

Astana Mangadeg – Komplek Pemakaman Pangeran Samber Nyawa

Astana Mangadeg merupakan kompleks pemakaman yang terletak di puncak bukit kecil, bukit Mangadeg, di kaki Gunung Lawu, Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih. Para penguasa awall (“Mangkunagara”) dan kerabat dekat (dhalem) Praja Mangkunegaran dimakamkan di sini. Raja-raja yang dimakamkan di sini adalah Raja Mangkunegara I, II, III serta kerabat-kerabat utamanya yang ikut serta dalam melawan Kasultanan Mataram dan VOC. Raja Mangkunegara I sendiri terkenal dengan nama Pangeran Samber Nyawa atau Raden Mas Said. Raja pertama Mangkunegara ini memiliki kesaktian luar biasa dan sangat gigih melawan penjajah Belanda.

Bertempat di kaki Gunung Lawu, kompleks Astana Mangadeg sangat tenang, asri, dan sejuk. Menurut informasi, Pangeran Samber Nyawa ...

Desa Wisata Jimbung, Klaten

Desa Wisata adalah desa yang mempunyai keunggulan di bidang kepariwisataan domestik maupun mancanegara. Klaten sebagai salah satu wilayah Subosukowonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten) mempunyai banyak desa wisata. Desa Wisata Jimbung menawarkan ketentraman hidup di pedesaan dengan segala aktivitasnya. Di sini, Anda dapat mengunjungi antara lain Sendang Bulus Jimbung, pegunungan kapur dan area persawahan.

Sendang Bulus Jimbung adalah sebuah mata air yang diyakini dapat memberikan tambahan rejeki. Sedangkan, pegunungan kapur sangat cocok untuk Anda yang menyukai tantangan. Anda dapat memanjat tebing pegunungan kapur dan berjalan ke arah waduk Jombor. Sebuah rumah tua yang diyakini sebagai Rumah Demit ter ...

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>