Tempat Wisata Solo

Grojogan Sewu, Tawangmangu

Grojogan Sewu merupakan wisata alam air terjun yang sangat terkenal di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Arti nama “Grojogan Sewu” sendiri adalah air terjun seribu. Memang tidak terdapat air terjun sebanyak itu di lokasi wisata ini. Namun, ada beberapa titik air terjun yang dapat Anda nikmati.

Air terjun tertinggi berketinggian sekitar 80 meter. Sedangkan, air terjun lain yang tidak terlalu tinggi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang.

Jika memutuskan untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak hanya menikmati keindahan air terjun dengan hawa dinginnya, tetapi bisa berbelanja sayur-mayur dan buah-buahan cirri khas pegunungan. Selain itu, Anda dapat menjumpai satwa-satwa yang hidup bebas di wilayah ini, misaln ...

Candi Kethek, Karanganyar

Candi Kethek masih berada di bagian lereng Barat Gunung Lawu. Tepatnya, candi ini berada di wilayah Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dahulu kala, banyak ditemukan kera (kethek – Jawa) di daerah candi ini. Maka dari itu, penduduk setempat menamainya Candi Kethek.

Candi ini terdiri dari empat teras bertingkat yang menghadap ke arah Barat. Masing-masing teras dihubungkan dengan undakan batu, Di sisi kanan candi, terdapat jalan setapak sebagai alternatif untuk menuju ke teras paling atas.

Menurut sejarahnya, keberadaan candi ini sudah dilaporkan sejak tahun 1842, namun penggaliannya baru dilakukan pada tahun 2005. Dari proses ekskavasi, disimpulkan Candi Kethek merupakan candi Hindu. Hal ...

Candi Cetho, Karanganyar

Candi Cetho terletak di lereng Gunung Lawu bagian Barat. Lokasi tepatnya adalah di Desa Cetho, Kabupaten Karanganyar. Candi ini berdiri 1.400 meter di atas permukaan laut. Peninggalan sejarah yang eksotis ini merupakan warisan dari Kerajaan Majapahit.

Di sisi lain, beberapa ahli berpendapat bahwa Candi Cetho bukanlah warisan Kerajaan Majapahit. Material bangunan candi yang berasal dari batu andesit dan relief teramat sederhana berbeda dengan kebanyakan candi era Majapahit yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar batu bata merah dan memiliki relief jauh lebih detil. Bentuk arsitektur yang lebih mirip candi peradaban suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru, serta patung yang lebih mirip oran Sumeria atau Romawi menunjukkan bahw ...

Air Terjun Parang Ijo, Karanganyar

Air terjun Parang Ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Memiliki ketinggian sekitar 50m di lereng Gunung Lawu, air terjun ini berjarak tempuh sekitar 20 menit dari kompleks wisata candi Cetho.

Menurut legenda, pada tahun 1942 ada sebuah pohon tua besar dan didominasi warna hijau. Pohon ini dianggap keramat karena tidak bisa ditebang. Namun, sebuah banjir besar yang dinamai Baru Klinthing mampu menumbangkan pohon tersebut dan membawanya bersama derasnya arus. Pohon tersebut, masih dengan posisi berdiri tegak, mendapat tempat baru di antara tebing (parang), sehingga mempermudah aliran air dari atas tebing menuju lembah melalui batangnya. Air yang mengalir terus-menerus ...

Rawa Jombor, Klaten

Rawa Jombor merupakan wisata air yang ada di Kabupaten Klaten. Lokasi ini berada di tengah Desa Krakitan. Rawa ini dikelilingi beberapa bukit yang sebagian besar merupakan bukit kapur. Mempunyai luas kurang lebih 198 Hektar, rawa ini terletak 8km dari kota Klaten. Rawa ini berkedalaman 4,5m dan dikelilingi oleh tanggul sepanjang 7,5km dan lebar 12 km. Air yang dapat ditampung di rawa ini mencapai 4juta/m3.

Dahulu kala, Rawa Jombor digunakan oleh Sinuwun Paku Buwono X bersama dengan Pemerintah Belanda untuk mengairi pertanian tebu di tahun 1917. Pada tahun 1943, Rawa Jombor dimanfaatkan Pemerintah Jepang untuk dijadikan waduk dengan membangun tanggul di sekelilingnya. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya di tahun 1956, Pemerintah Kota ...

Desa Wisata Kliwonan, Sragen

Desa Wisata Kliwonan terletak sekitar 12 km sebelah selatan pusat kota Kabupaten Sragen atau 15 km sebelah timur kota Solo. Desa ini dihuni oleh banyak perajin batik. Kuantitas produksi batik yang dihasilkan perajin Kliwonan paling besar di antara desa lain di Sragen. Oleh sebab itu, kawasan penghasil batik di Sragen lebih dikenal dengan sebutan sentra batik Kliwonan. Pemerintah Kabupaten Sragen menetapkan sentra batik itu sebagai kawasan wisata terpadu, yakni Desa Wisata Kliwonan.

Terdapat bermacam kegiatan yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Desa Wisata Kliwonan. Yang pertama, tentu saja Anda dapat berbelanja batik di lokasi pembuatannya langsung. Sambangi rumah produksi perajin batik dan belilah produk berkualitas tinggi ...

Astana Giribangun, Karanganyar – Ziarah ke Makam Presiden Soeharto Beserta Istri

Astana Giribangun merupakan kompleks pemakaman Keluarga Cendana. Wisata religi ini terletak di Perbukitan Nganglik, Desa Karangbangung, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar.Di kompleks pemakaman ini, Presiden Kedua Indonesia, Soeharto, dimakamkan bersama istrinya, Sri Hartinah atau kerap disapa Ibu Tien Soeharto.

Kompleks pemakaman Astana Giribangun dibangun pada tahun 1974. Prosesi peresmiannya dilakukan pada 23 Juli 1976. Kompleks ini menempati lahan kurang lebih sekitar 4,3 hektare.

Perjalanan menuju tempat wisata itu penuh dengan jalan terjal dan berkelok-kelok. Pemandangannya masih asri, Anda dapat melihat kawasan lereng Pegunungan Sewu. Udaranya sejuk, semilir angin pegunungan menambah segar suasana. Tiba di lokasi, And ...

Sendang Sinongko, Klaten

Sendang Sinongko terletak di Desa Pokak, Kecamatan Ceper. Berlokasi sekitar 7km dari pusat Kabupaten Klaten, alkisah terdapat suatu Kadipaten yang pusat pemerintahannya berada di Perdikan. Kadipaten ini memiliki sendang (mata air) yang dipergunakan sebagai tempat bersuci atau pemandian oleh warga. Sendang tersebut dinamakan Sendang Tirto Sinongko.

Terdapat dua sumber mata air di lokasi Sendang Tirto Sinongko. Di sebelah barat, terdapat mata air bernama Sendang Lanang. Sedangkan, di bagian timur, terdapat Sendang Wadon. Di sekitar sendang, terdapat waduk buatan yang berfungsi untuk irigasi persawahan sekitar.

Seperti sendang-sendang lainnya, Anda dapat bersantai sambil menikmati suasana yang masih asri. Jauh dari keramaian, Sendan ...

Sapta Tirta Pablengan, Karanganyar

Sapta Tirta Pablengan adalah salah satu objek wisata di Solo yang terletak di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Warga Karanganyar menganggap tempat wisata ini ajaib sehingga menjadi salah satu spot wisata menarik.

Menurut informasi resmi dari pemerintah Kabupaten Karanganyar, tujuh mata air di Sapta Tirta Pablengan masing-masing memiliki nama dan kesaktian. Berikut rincian kesaktian masing-masing mata air.

Sumber Air Bleng mempunyai karakteristik rasanya asin. Warga sekitar objek wisata sering menggunakan Air Bleng untuk membuat karak (Krupuk Khas Soloraya).

Sumber Air Hangat mempunyai khasiat dapat mengobati berbagai penyakit kulit dan rematik.

Sumber Air Kasekten digunakan warga untu ...

Cemoro Sewu, Karanganyar

Cemoro Sewu terletak di desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Merupakan bagian dari Gunung Lawu, lokasi ini berada pada ketinggian 1.820 mdpl. Tempat ini biasa digunakan oleh para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Lawu melalui jalur Jawa Timur.

Lokasi Wana Wisata Cemoro Sewu dapat dicapai dari dua arah; Magetan maupun Solo. Telah terdapat jalan provinsi yang dibangun sepanjang Magetan-Solo sehingga memudahkan pendaki maupun wisatawan biasa yang ingin sampai ke lokasi objek.

Tempat wisata alam ini cocok sekali bagi Anda yang gemar dengan tantangan dan petualangan. Tidak usah khawatir dengan fasilitas yang kurang. Tersedia pos-pos istirahat bagi pendaki yang berjarak antara 150 – 1400 m. Total pos yang disediak ...

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>