Tempat Wisata Solo

Telaga Madirdo, Karanganyar

Objek wisata telaga Madirdo berlokasi di Ngargoyoso, Karanganyar. Dengan luas sekitar 1.000 meter persegi serta terletak di cekungan datar seluas 3.000 meter persegi, telaga ini menyimpan potensi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat. Padahal, letaknya dekat dengan Candi Cetho, Air Terjun Jumog, Air Terjun Parang Ijo, dan Candi Sukuh.

Legenda Telaga Madirdo yang beredar di masyarakat menceritakan kisah cinta segitiga antara Batara Surya, Dewi Indradi, dan Resi Gutama. Legenda itu melibatkan pusaka Cupu Manik Astagina yang bisa membuat pemiliknya bisa melihat beragam tempat di dunia tanpa harus mendatanginya.

Cupu Manik itu diperebutkan oleh tiga anak anak Dewi Indradi dan Resi Gutama yakni Anjani, Guwarsi, dan Guwarsa. Se ...

Deles Indah, Klaten

Deles Indah merupakan daerah yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Klaten. Daerah administratif Deles Indah adalah Desa Sidorejo, Kemalang, Klaten, sebelah timur kaki Gunung Merapi.

Posisi Deles Indah memungkinkan para wisatawan untuk dapat melihat pemandangan Kota Klaten, Pabrik Gula Gondang Baru, Pabrik Gula Ceper Baru, dan Rawa Jombor dengan sangat jelas dari atas. Selain pemandangan yang indah, ada beberapa peninggalan sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Peninggalan sejarah berupa bekas pesanggrahan Paku Buwana X bisa ditemukan di sini. Lalu, ada Makam Kyai Mlayopati yang sering dijadikan tempat nyepi, bersemedi, atau berziarah.

Ada pula Sendang Kali Reno yang merupakan mata air warna-warni. Dua tam ...

Goa Sari Ngargoyoso – Spot Wisata yang Diciptakan oleh Seorang Guru

Lereng Gunung Lawu merupakan lokasi dari beberapa tempat wisata terkenal di daerah sekitar Surakarta. Grojogan Sewu, Air terjun Jumog, Candi Sukuh, Candi Cetho, dan Kebun Teh Kemuning mungkin telah akrab di telinga Anda. Jika Anda sering main-main ke Tawangmangu dan sekitarnya, kemungkinan besar Anda sudah menjelajahi tempat-tempat yang disebutkan itu.

Apakah Anda merasa bosan pergi ke tempat wisata yang itu-itu saja? Jika ya, sebaiknya Anda mengunjungi tempat wisata baru di Dukuh Ngranten, Desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar yang satu ini. Adalah Goa Sari, sebuah gua yang dibuat oleh seorang guru bernama Sunarto. Tanpa dibantu siapa pun, dia menggali gua sepanjang belasan meter di bawah kediamannya. Pekerjaa ...

Museum Karst, Wonogiri

Museum Karst Wonogiri terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Museum ini adalah museum terbesar dan terunik di Asia Tenggara. Sebagai informasi, terdapat tiga buah museum karst di Indonesia.

Museum Karst Wonogiri dibangun pada tahun 2008 dan resmi menjadi objek pariwisata pada tahun 2010. Museum ini menyimpan informasi dan contoh batuan kapur. Istilah karst berarti wilayah yang terdiri dari batuan yang mudah larut, contohnya batu gamping.

Sebuah museum tentu tidak sekonyong-konyong dibangun. Setidaknya, ada tiga fungsi museum karst, yakni fungsi pendidikan, fungsi rekreasi, dan fungsi lindung.

Saat diresmikan oleh Presiden RI kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono, museum ini terdiri dari bangunan tiga lan ...

THR Sriwedari, Surakarta

Objek wisata yang terletak di jantung Kota Solo, Taman Hiburan Rakyat Sriwedari, menjadi tujuan utama masyarakat yang ingin mendapatkan hiburan dengan biaya terjangkau. THR Sriwedari terletak di Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan protokol Kota Solo.

Mengambil inspirasi nama sebuah taman di surga, tidak hanya taman hiburan yang ada di Sriwedari tetapi juga Museum Radyapustaka dan Lapangan sepak bola Sriwedari – sekarang bernama R. Maladi. Tempat wisata ini sejatinya merupakan tempat istirahat dan tempat rekreasi keluarga kerajaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Dulunya, pendiri taman ini, Sinuhun Paku Buwono X, membangun sebuah kebun binatan bernama Bon Rojo. Kebun binatang itu diperuntukkan untuk hewan-hewan buruan ...

Telaga Sarangan, Magetan

Telaga Sarangan adalah sebuah cekungan besar berisi mata air yang berlokasi sekitar 16 meter dari pusat Kota Magetan, tepatnya di Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Tempat ini bertempat di dataran berketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut, sehingga berhawa sejuk serta nyaman.

Berbagai macam fasilitas telah disediakan di sekitar Telaga Sarangan. Untuk mengarungi telaga, Anda dapat menyewa perahu cepat, perahu kayuh, atau becak air. Sedangkan untuk mengitari telaga, Anda bisa menyewa kuda-kuda yang dipelihara oleh penduduk setempat.

Di sepanjang telaga, Anda bisa menemukan orang-orang yang menjajakan kuliner khas daerah seperti pecel Madiun dan sate kelinci. Tidak mengherankan memang, mengingat Magetan berbatasan d ...

Cemoro Kandang, Karanganyar

Objek wisata Cemoro Kandang sebenarnya adalah sebuah jalur pendakian ke Gunung Lawu. Selain Cemoro Kandang, Gunung Lawu juga dapat diakses melalui jalur pendakian Cemoro Sewu. Jalur pendakian Cemoro Kandang sangat cocok dilalui oleh orang-orang yang masih pemula dalam hal mendaki gunung karena lintasannya landai.

Ada lima pos di jalur pendakian Cemoro Kandang ini. Pos pertama merupakan tempatnya Taman Sari Bawah. Pos kedua, disebut pula Taman Sari Atas, mempunyai lintasan yang lebih curam jika dibandingkan dengan lintasan pos satu. Di tempat ini, ada Kawah Candradimuka yang diapit oleh puncak Cokro Suryo dan puncak Gunung Lawu.

Setelah melewati pos dua, perjalanan bisa dilanjutkan ke pos tiga. Menuju pos tersebut, pendaki bisa me ...

Candi Sukuh, Karanganyar

Candi Sukuh adalah candi peninggalan terakhir umat Hindu dari jaman Majapahit. Candi ini terletak di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Lokasi tepatnya, di lereng Gunung Lawu, sekitar 26 kilometer dari Kota Surakarta.

Objek wisata Candi Sukuh ini dinilai banyak orang mengandung kontroversi. Namun, hal itulah yang membuatnya menarik di mata wisatawan, baik domestik maupun internasional. Candi Sukuh dihiasi relief-relief erotis di dinding-dinding candinya. Hal serupa bisa ditemukan di beberapa arca dan patung yang terletak di candi temuan Johnson, tahun 1815 ini. Ragam relief itu disebut erotis oleh masyarakat karena dengan cukup vulgar menggambarkan alat reproduksi manusia.

Bentuk bangunan Candi ...

Kampung Tembaga Tumang, Cepogo, Boyolali

Desa Tumang, Cepogo, Boyolali, dikenal sebagai kampung sentra industri tembaga dan kuningan. Produk-produknya sudah terkenal hingga ke luar negeri, diekspor ke Amerika Serikat, Australia, Jepang, Filipina, Inggris, dan lain sebagainya. Sentra tembaga Tumang ini lahir tak lepas dari sejarah terbentuknya desa tersebut sebagai desa pengrajin tembaga khususnya untuk alat-alat masak.

Masyarakat Desa Tumang memang mempunyai keahlian untuk membuat alat-alat dari tembaga sejak jaman Kerajaan Mataram. Masyarakat desa ini memang dahulunya membuat alat-alat dari tembaga untuk memenuhi kebutuhan orang dalam dan luar keraton.

Di masa sekarang, dengan berkembangnya pasar, para pengrajin Desa Tumang mulai membuat produksi tidak murni tembaga, a ...

Pemandian Air Panas Langenharjo

Pemandian Air Panas Langenharjo bukan sekadar pemandian biasa. Objek wisata ini mempunyai nilai historis tinggi. Keluarga Kerajaan Kasunanan Surakarta membangun pemandian ini dengan cara mengebor tanah. Dengan demikian, sumber air hangat tidak terbentuk secara alamiah seperti pemandian air panas di dekat gunung.

Lokasi pemandian ini terletak di daerah Bacem, Grogol, Sukoharjo. Lokasinya tersembunyi di pojok perkampungan di Jalan Langenharjo.

Tempat wisata ini pernah berjaya di era 1970-an dan 1990-an. Pemandian ini menjadi langganan artis untuk ritual setiap tahunnya, khususnya pada ritual malam satu Suro.

Air yang keluar dari sumur bor di Pemandian Air Panas Langenharjo dipercanya mengandung belerang. Karena itulah, air ini ...

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>