Tempat Wisata Solo

Loji Gandrung, Surakarta

Selasa, 26 Jul 2016

Bangunan bersejarah yang akan dibahas berikut ini terkenal karena menjadi rumah dinas Wali Kota Surakarta selama turun-temurun. Loji Gandrung namanya.

Rumah tua peninggalan Belanda berikut ini bertempat di Jalan Slamet Riyadi, jalan terbesar dan paling terkenal di Solo. Saat ini, gerbang masuk ke Loji Gandrung berbentuk melengkung dan dirambati tanaman yang menutup rangkanya.

Di depan rumah, ada jalur pejalan kaki yang kerap disebut Solo City Walk. Jalur itu membentang dari Purwosari hingga Pintu Gladak dengan jarak sekitar lima kilometer. City Walk didesain sedemikian rupa sehingga warga kota tetap nyaman walaupun berada di tengah bising suara kendaraan dan aktivitas kota lainnya.

Loji Gandrung pernah dijadikan tempat persinggahan Presiden Soekarno pada masa-masa awal kemerdekaan RI. Barang-barang dan peninggalan Soekarno masih dirawat dengan baik di dalam rumah tersebut.

Misalnya, kamar tidur Presiden beserta barang-barang peninggalannya ketika berkunjung ke Solo. Lemari, kursi-kursi, dan piano masih utuh.

Saat ini, kamar tidur Soekarno dibiarkan kosong dan tidak digunakan untuk tempat tidur. Hanya sesekali asisten rumah tangga membersihkan kamar tersebut.

Staf penjaga Loji Gandrung bercerita bahwa kamar tersebut sering menjadi lokasi penampakan empat orang Belanda. Mereka mengenakan pakaian khas jaman dahulu.

Selain staf penjaga, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo juga mempunyai beberapa kisah misteri. Menurutnya, dia mencium bau bunga melati dari dalam kamar.

Rudy juga pernah mendengar suara piano dan suara gemericik air di dalam kamar saat mencoba tidur di ruangan tersebut. Akan tetapi, saat dicek, keran air tidak menyala dan kering. Namun, dia mengaku hal itu sudah terbiasa dengan kejadian itu.

Beberapa peninggalan Loji Gandrung yang unik adalah Kereta Kencana, Cagar Budaya Gatot Subroto, Prasasti Gatot Subroto, dan Patung Gatot Subroto. Loji Gandrung ditetapkan sebagai cagar budaya dengan nomor 17-29/C/Lw/2012 dan dilindungi dengan UU RI No.11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Paket wisata Kota Solo ixoTransport dapat mengantar Anda berjalan-jalan mengelilingi Kota Solo dengan tarif murah dan armada nyaman. Hubungi kami di kontak yang tersedia.