Tempat Wisata Solo

Sahasra Adhi Pura (Candi Sonosewu), Sukoharjo

Rabu, 13 Jul 2016

Sahasra Adhi Pura, sebuah objek pariwisata di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, ini lebih dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Candi Sonosewu. Dari Kota Solo, jaraknya sekitar empat kilometer. Kompleks Sahasra Adi Pura ini menawarkan keindahan 50 miniatur bangunan kuno dari seluruh dunia.

Miniatur-miniatur yang dimaksud berada di sebuah tanah lapang. Piramida Suku Maya (Chicen Itza) yang aslinya berada di Yucatan, Mexico; Stonehenge dari Inggris; Piramida Agung dari Mesir; kuil Mnajdra dari Pulau Malta; Serpent Mound dari Ohio, Amerika Serikat; Axum Eturgin dari Afrika; dan lukisan batu dari Tassisi Najjer adalah beberapa miniatur bangunan yang dapat ditemukan di Sahasra Adhi Pura.

Seperti halnya lazimnya miniatur, semua replika bangunan bersejarah itu lebih kecil daripada aslinya. Namun, ukurannya dibuat proporsional serta arah posisi bangunan dikondisikan bisa menjadi penunjuk posisi matahari.

Selain bisa menunjukkan dengan tepat posisi matahari, miniatur-miniatur ini bisa menunjukkan posisi benda angkasa lainnya seperti bulan dan bintang. Misalnya saja, di dalam miniatur Piramida Agung Mesir, ada lorong yang mengarah ke rasi bintang Sirius, Alpha Draconic, Orion, dan Beta Ursa Minor.

Pendiri Sahasra Adhi Pura adalah Hardjanta Pradjapangarsa. Sementara hingga saat ini, pengelolanya adalah seorang pria asal Norwegia, Kjartan Johansen. Sebagai murid spiritual Hardjanta, Johansen melanjutkan pembangunan pura pada tahun 1998 usai sang guru meninggal dunia.

Meskipun kompleks utamanya berbentuk pura, semua orang bisa mengunjungi tempat ini. Miniatur bangunan purba yang berasal dari berbagai latar belakang dimaksudkan pula untuk menjunjung tinggi nilai universalitas.

Johansen membangun ke-50 miniatur itu dengan perhitungan yang rumit. Dibekali latar belakangnya sebagai ahli konstruksi, Johansen berhasil membangun miniatur bangunan agar tepat menunjukkan arah matahari saat titik balik: utara dan selatan ekuinoks.

Rencananya, ada 1.000 miniatur bangunan purba yang akan dibangun. Maka dari itu, pembangunan masih terus dilanjutkan hingga sekarang.

Jasa sewa mobil Solo iXoTransport menyediakan paket wisata Kota Solo dan sekitarnya dengan harga terjangkau. Hubungi kontak kami di nomor yang tertera di situs ini.