Tempat Wisata Solo

Candi Karangnongko, Klaten

Selasa, 29 Nov 2016

Candi Karangnongko ditemukan pada tahun 1970-an sudah berbentuk reruntuhan. Diketahui, candi ini dalam proses ekskavasi namun terhenti. Belum terlihat ada upaya serius untuk merekonstruksi candi, entah karena belum ada dana atau karena memang sulit dilaksanakan.

Candi tersebut ditemukan di tengah-tengah area persawahan di Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Saat ditemukan, yang tersisa hanyalah pondasi berukuran 3 x 3 meter persegi dengan tinggi sekitar setengah meter.

Terdapat sebuah foto dokumentasi hitam putih yang menggambarkan keadaan Candi Karangnongko pada waktu itu. Foto bertanggal tahun 1926 itu memperlihatkan sebuah candi yang tidak terlalu tinggi.

Meskipun sudah diberi pagar oleh Dinas BP3 Jawa Tengah, beberapa warga terlihat masih aktif memanfaatkan lahan kosong di sekitar candi untuk menanam palawija.

Candi Karangnongko mempunyai bangunan candi induk yang menghadap ke barat. Candi ini sepertinya adalah candi peninggalan kebudayaan Hindu karena ada sebuah benda milik lingga di candi tersebut.

Sementara itu, batu-batu yang berada di sekitar lokasi diyakini adalah reruntuhan bagian candi induk atau candi perwara. Secara garis besar, Candi Karangnongko masih menyimpan sejumlah misteri yang menunggu untuk digali kembali.

Sewa mobil Solo, iXoTransport, menyediakan paket wisata alam Solo dengan tarif terjangkau. Cek penawarannya di sini.