Tempat Wisata Solo

Gunung Sepikul, Sukoharjo

Selasa, 29 Nov 2016

Pegunungan batu yang berada di Desa Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, berikut ini dikenal dengan nama Gunung Sepikul. Warga menjulukinya Gunung Sepikul karena bentuknya seperti barang yang siap dipikul.

Menurut legenda, Bandung Bondowoso meminta bantuan lelembut membangun seribu candi dalam semalam sebagai syarat memperistri Roro Jonggrang. Lantas, bahan untuk candi diambil dari batu kapur di pegunungan tersebut. Saat tahu bahwa Roro Jonggrang menipu para lelembut dengan membuat suasana seolah-olah sudah fajar, Bandung Bondowoso marah dan meninggalkan batu-batu itu di tempat yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Sepikul.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Gunung Sepikul disarankan mendaki bukit kapur yang ada di Dukuh Gunung Lor. Pendakian ini sebaiknya dilakukan siang menjelang senja hari.

Saat mendaki gunung, pendaki disarankan memakai sandal atau sepatu gunung. Soalnya, batuan kapur yang dijejak rawan licin dan bisa membuat pendaki terpeleset. Ditambah lagi, bukit yang didaki berkemiringan hingga 60 derajat.

Batuan-batuan besar di Gunung Sepikul memiliki nama dan dijadikan tempat memandang panorama alam dari ketinggian. Dari antara batu-batu yang ada, yang menjadi favorit pengunjung adalah Watu Tumpuk. Nama-nama bebatuan lainnya adalah Watu Tinggik, Watu Jaran, Watu Pawon, dan Watu Kandang.

Gunung Sepikul adalah salah satu lokasi syuting serial aksi Saur Sepuh dan Wiro Sableng di tahun 1990-an. Warga sekitar ‘kecipratan’ rezeki menjadi figuran saat sinetron ini mengambil gambar berlatar Gunung Sepikul.

Belakangan ini, kepopuleran Gunung Sepikul mencuat lagi akibat banyaknya anak muda yang mengunjungi pegunungan itu untuk selfie dan wefie. Jika Anda membutuhkan transportasi untuk menuju Gunung Sepikul, iXoTransport siap menyewakan mobil berfasilitas lengkap (sopir, uang makan, BBM, dan pengeluaran lainnya). Hubungi kami untuk memesan sewa mobil murah di nomor berikut.